Mengapa Bayi tatkala lahir selalu menangis?

Standar

Mengapa Bayi tatkala lahir selalu menangis?

bayi menangisSeorang ibu tentu akan merasa senang ketika mendengartangisan pertama kali sang buah hati saat dilahirkan. Karena ini menjadi bukti bahwa sang bayi lahir dengan selamat. Rasa sakit di detik-detik perjuangan saat melahirkan seolah pupus sudah tatkala sang Ibu melihat bayi mungil yang keluar dari rahimnya menangis dengan keras. Inilah satu-satunya tangisan seorang bayi yang tidak pernah membuat sang Ibu manapun merasa kesal, sedih atau bahkan marah, namun sebaliknya senyum simpul dan rasa lega yang terpancar pada wajah sang ibu seakan menggambarkan rasa bahagia menyambut kedatangan sang buah hati.

Telah menjadi ketetapan bahwa setiap bayi yang lahir pasti menangis, kecuali bayi yang lahir tanpa ruh didalamnya, atau telah meninggal ketika dalam kandungan. Tapi tahukah saudara mengapa bayi yang lahir selalu menjerit menangis?. Dan mengapa pula setiap bayi (muslim) yang baru lahir di perintahkan tuk di kumandangkan adzan di telinga kanannya?. Rasulullah memerintahkan hal ini tentunya bukan tanpa sebab kan.

Dan Islam mampu menjawab setiap pertanyaan ini dari sudut pandang al Qur’an dan Sunah. Sebagai Muslim tentu kita mesti percaya akan setiap kandungan yang ada di dalam al Qur’an dan as Sunah. Karena al Qur’an dan sunah adalah satu-satunya pedoman dan sumber hidup yang mampu mengabarkan serta mengungkap perihal hal-hal yang gaib, jadi tidak ada salahnya kalau Islam menjawab semua pertanyaan ini.. Tidaklah manusia mengetahui tentang hal-hal yang gaib kecuali sedikit.

Seperti yang saya kemukakan di muka bahwa setiap bayi yang lahir ke dunia selalu di tandai dengan suara tangis, berdasarkan hadist Nabi saw yang disampaikan oleh Ibnu Abbas, beliau berkata “ Tidak ada seorang anak yang lahir, kecuali ia menangis….” ( HR. Ad-Darami ). Tentunya bayi di sini adalah bayi yang lahir dengan ruh yang masih menancap di tubuh si bayi. Hanya Maryam dan anaknya, nabi Isa, saja yang lahir dengan tidak disertai tangisan seperti umumnya bayi yang sedang lahir. Bukankah Allah Maha Besar atas segala sesuatu.

Nah, lalu mengapa mereka menangis? Baiklah, Tahukah saudara bahwa setan telah mengikuti Saudara sejak pertama laki saudara menatap dunia ini, menginjakkan kaki di dunia ini?. Mereka menggoda saudara agar senantiasa menjauhi ajaran-ajaran yang dibawa oleh Nabi saw. Rasulullah pun tak lepas dari berbagai tipu muslihat setan yang selalu menyertainya, bedanya Rasulullah ada yang selalu melindungi, yaitu Allah Ta’ala, sehingga beliau senantiasa terhindar dari tipu daya setan. Terus apa hubungannya antara setan yang mengikuti bayi sejak lahir dengan tangisan mereka saat dilahirkan? Tentu ada hubungannya, usut mau diusut, ternyata nich, bayi-bayi itu menangis disebabkan karena mereka ditikam oleh setan-setan laknatullah, tepatnya dibagian perut mereka, dan ini tidak dapat dilihat oleh manusia secara kasat mata, tapi dapat di rasakan oleh sang bayi sehingga mereka merasa sakit dan akhirnya menangislah mereka..

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, beliau berkata, “ Saya mendengar Rasulullah bersabda,’ tidak ada seorang anak Adam yang lahir kecuali di pegang oleh setan ketika ia dilahirkan, sehingga ia berteriak menangis karena pegangan setan, kecuali maryam dan anaknya.’ “ Hal ini juga disampaikan oleh Ibnu Abbas yang diriwayatkan oleh Ad Darami, beliau berkata, “ Tidak ada seorang anak yang lahir, kecuali ia menangis, setan memegang perutnya hingga ia menangis kecuali Isa putra maryam” Bagaimana saudaraku, jelaskan?

Baiklah, pertanyaan selanjutnya, mengapa setiap bayi yang lahir diperintahkan agar diperdengarkan suara Adzan di telinga kanannya dan di iqamahi di telinga kirinya? Yup, tak lain dan tak bukan adalah agar setan-setan yang menyertai sang bayi tersebut lari terbirit-birit, (he..he..setan juga bisa lari terbirit-birit tho!) hal ini di sebabkan rasa takut mereka atas lafadz Allah. Sehingga mereka tidak lagi mengganggu bayi mungil tersebut. Manfaat lain dari adzan tersebut adalah agar yang pertama kali di dengar sang bayi saat di dunia ini adalah lafadz-lafadz Ilahi, sehingga di harapkan nantinya mereka menjadi manusia yang sholeh dan selalu ingat akan Allah. Subhanallah.

Sebagaimana telah kita ketahui sebelumnya penyebab menangisnya seorang bayi ketika lahir, yaitu karena setan menikam mereka. Untuk itu menurut Jamal Abdurrahman dalam bukunya “ Cara Nabi Menyiapkan Generasi “ mengatakan bahwa adzan berfungsi sebagai tikaman balik kepada setan yang selalu berusaha merusak generasi.

Setan lari ketika mendengar suara Adzan. Allah memperdengarkan kepada setan apa yang membuatnya marah dan takut. Jadi adzan adalah pusaka ampuh pengusir setan dan sebangsanya.. So, Tidak jamannya lagi pakai jampi-jampi atau semacamnya tuk mengusir setan yang membelenggu tubuh kita, karena sejatinya itu adalah perbuatan syirik. Dan syirik itu salah satu dosa besar yang dengan mudah mengantarkan manusia menuju neraka jahim. Naudzubillah.

Nah, sekarang tahukan mengapa bayi selalu menangis tatkala lahir. Setan tak akan pernah lelah tuk menjerumuskan kita kepada kesesatan, sampai kita mau menemani mereka di neraka jahanam kelak. So guys, satukan langkah, tingkatkan iman dan takwa kita, buat setan menangis dan jera dalam menyesatkan manusia sehingga mereka tidak dapat seenaknya saja mengobrak-abrik jiwa kita dan menjerumuskan kita dalam lembah nista. Jangan lupa pula tuk selalu berdo’a kepada Allah agar dijauhkan dari kejammya tipu daya setan. Saudaraku sekaranglah saatnya, raih tujuan hidupmu yang hakiki. Dan Ssssttt….ssstttt…..hati-hati setan selalu mengintai saudara setiap saat.

About these ads

2 thoughts on “Mengapa Bayi tatkala lahir selalu menangis?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s