Denmark cetak lagi kartun Nabi

Standar

Denmark cetak lagi kartun Nabi  

 _42242040_burn_ap_203b.jpgKoran-koran Denmark mencetak kembali salah satu karikatur Nabi Muhammad yang menyulut tindak kekerasan di dunia Muslim.

       Mereka mengatakan, mereka ingin menunjukkan komitmen mereka terhadap kebebasan berbicara setelah dugaan komplotan untuk membunuh salah seorang kartunis yang membuat karikatur Nabi Muhammad.

Tiga tersangka ditahan di Denmark hari Selasa “untuk mencegah pembunuhan terkait dengan terorisme,” kata para pejabat.

Kartun Nabi itu semula diterbitkan oleh Jyllands-Posten pada bulan September 2005. Kedutaan-kedutaan besar Denmark di sejumlah negara diserang dan puluhan orang meninggal dunia dalam berbagai aksi kerusuhan menyusul penerbitan kartun tersebut.

 ‘Tak peduli’

Jylland-Posten dan banyak lagi surat kabar besar termasuk Politiken dan Berlingske Tidende mencetak ulang karikatur tersebut dalam edisi hari Rabu.

Karikatur itu menampilkan Nabi Muhammad dengan memakai sorban yang dilukis seperti bom dengan sumbunya.gambar.jpgPara redaktur koran-koran itu mengatakan tidak seorang pun harus merasa terancam jiwanya karena menggambar.

“Kami melakukan ini untuk mencatat apa yang dipertaruhkan dalam masalah ini, dan untuk mendukung dengan tegas kebebasan berbicara yang akan kami, sebagai suratkabar, senantiasa pertahankan.

Kartun itu juga ditayangkan di televisi nasional, dan bahkan koran-koran yang tidak setuju pemuatan itu pun sekarang ini mendukung kampanye untuk mempertahankan kebebasan berbicara, kata wartawan BBC di Kopenhagen, Thomas Buch-Andersen.

Ket. gambar :  Pembakaran bendera denmark

                       Pembuat kalikatur Nabi Muhammad

Source: http://www.bbc.co.uk/indonesian.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s