“BISMILLAH, AKU MENULIS!!!”

Standar

“BISMILLAH, AKU MENULIS!!!” 

de.jpgApa yang membuat seorang penulis tidak juga menelurkan sebuah karya? Jawabannya mungkin bisa karena susah menemukan ide. Tidak tahu harus mengawali menulis dari mana. Atau bisa juga karena merasa sibuk sehingga tidak sempat untuk menulis.

Yup, setiap orang bebas untuk menyatakan alasan mengapa mereka tidak juga memulai tuk menulis. Pada dasarnya menulis merupakan aktifitas yang mudah tuk dilakukan, asalkan kita bisa baca dan tulis, cukup bagi kita untuk menciptakan sebuah karya. Begitu pula seorang yang telah memantapkan diri tuk menjadi seorang penulis profesional, dengan modal semangat yang tinggi, mereka bisa membuat sebuah karya yang besar dan selalu dikenang oleh masyarakat.

Banyak yang beranggapan bahwa tulisan yang menarik adalah yang mampu memberikan kejutan bagi pembaca. Maka dari itu tulisan itu tentunya harus disusun sedemikian rupa sehingga pada bagian awal tulisan biasanya dibuat sebuah pernyataan yang mampu menimbulkan tanda tanya dan mengundang misteri. Untuk mewujudkan hal ini, memulai tulisan dengan kalimat atau peryataan menarik adalah cara yang tepat.

Namun, acapkali hal ini malah menjadi bumerang dan hambatan bagi para penulis, terlebih penulis pemula. Bagi penulis yang telah menelurkan banyak buku, mungkin hal ini mudah, tapi bagi para penulis pemula, yang baru belajar tuk merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang indah dan bermakna, tentu hal ini tidak mudah.

“Sikap berpikir bagaimana memulai tulisan, kerapkali membuat pena tidak kunjung menggoreskan kata. Banyak orang menganggap bahwa yang sedang berkecamuk diangan-angan adalah bagian paling menarik yang harus disimpan sebagai kejutan. Mereka akhirnya sibuk mencari kalimat pembuka sehingga kejutan itu tidak pernah muncul menjadi goresan pena yang mengesankan.” Demikian kata Mas Muhammad Fau dzil Adhim dalam bukunya “Inspiring Words for Writer

Nah, kalau begitu bagaimana dong solusinya? Satu-satunya solusi tuk penulis agar bisa membuat  sebuah karya adalah dengan menulis. Ya, menulis adalah satu-satunya cara agar penulis menjadi penulis yang produktif. Untuk sementara, lupakan bagaimana memulai tulisan yang menarik. Menulislah sekarang juga. Menulis tentang apa saja. Keluarkan ide-ide yang ada dipikiran saudara. Saudara bisa menulis tentang pengalaman saudara, tak masalah pengalaman itu biasa-biasa saja yang penting saudara menulis. Biarkan pikiran saudara mengalir bersama goresan pena ajaib saudara. Jangan menengok ke atas sebelum saudara menyelesaikan tulisan saudara. Jika dirasa sudah cukup baru boleh lah membaca ulang tulisan saudara. Baca berulang-ulang tulisan saudara. Jika ada bagian yang dirasa tidak pas, saudara bisa mengeditnya sehingga tulisan enak dibaca dan terasa mengalir lembut.

Terakhir, agar menulis bisa lancar jangan lupa tuk memulai menulis dengan membaca bismillah. Insyaallah saudara akan diberi kemudah oleh sang pemberi kemudahan. Dan yang tak kalah penting, tulisan kita menjadi tulisan yang bisa membawa manfaat dan keberkahan. Oke, sebelum menulis katakan dengan mantap pada hati saudara, “ SAKSIKAN AKU ADALAH SEORANG PENULIS YANG MAMPU MENCIPTA SEBUAH KARYA BESAR.!!!”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s