HANDPHONE MENGGANGGU KESUBURAN PRIA?

Standar

HANDPHONE MENGGANGGU KESUBURAN PRIA?

s1.jpgPenggunaan telepon genggam yang berlebihan bisa mengganggu kesuburan pria, kata sebuah penelitian. Benarkah?

Hasil studi di Amerika itu mengatakan pria yang menggunakan ponsel selama empat jam atau lebih setiap harinya memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dan lebih rendah kualitasnya.

Penelitian di Ohio ini dilakukan atas 364 pria dan hasilnya diajukan ke Badan bagi Pengobatan Reproduksi di New Orleans. Namun seorang pakar di Inggris mengatakan kemungkinan kecil gangguan kesuburan itu disebabkan pemakaian telepon selular, karena pemakaiannya jauh dari testis, dan mungkin dampaknya tidak langsung.

Tim dari Lembaga Klinis Cleveland di Ohio menguji sperma dari 364 pria yang mendapat perawatan kesuburan di beberapa klinik di Mumbai, India.

Studi itu menemukan bahwa para pria memakai ponsel lebih dari empat jam sehari memiliki hitungan sperma paling rendah, sekitar 50 juta per milliter dam kualitasnya paling tidak sehat.

Pria yang menggunakan telepon genggam mereka antara dua dan empat jam setiap harinya memiliki hitungan sperma 69 juta per mililiter dan kualitasnya cukup sehat.

Mereka yang mengatakan tidak memakai HP sama sekali memiliki hitungan sperma paling banyak, yaitu 86 juta per mililiter, dan sperma mereka adalah yang berkualitas terbaik.

Dr. Ashok Agarwal, yang mengepalai penelitian ini mengatakan studi ini tidak membuktikan bahwa telepon selular merusak kesuburan, tetapi menyatakan penelitian ini patut dipertimbangkan.

“Ada penurunan yang signifikan dalam hal kesehatan sperma dan ini sudah jelas mempengaruhi kesuburan”

“Orang memakai ponsel mereka tanpa berpikir dua lagi apa dampaknya nanti”

“Mereka menganggap ini sama dengan menggunakan sikat gigi, tetapi ponsel bisa berdampak buruk bagi kesuburan”.

“Studi ini masih harus dibuktikan lebih lanjut, tetapi ini penting karena HP sudah menjadi bagian dari kehidupan kita”

Dia mengatakan radiasi dari telepon selular mungkin dapat merusak DNA pada sperma, dan mempengaruhi sel di testis yang memproduksi hormon testosteron atau saluran tempat sperma dihasilkan.

Namun seorang pakar di Inggris meragukan hasil penelitian ini.

Dr. Allan Pacey, pakar andrologi di Universitas Sheffield, mengatakan : “Ini adalah studi yang bagus, tetapi menurut saya kurang tepat sasaran”.

Dr. Pacey, yang juga pejabat di Lembaga Kesuburan Inggris, menambahkan : “Jika anda menggenggam HP di samping kepala anda, mengapa efeknya justru ke testis anda?”

Dia menambahkan mereka yang cenderung menggunakan HP lebih lama, menghadapi lebih banyak stres atau makan lebih banyak makanan cepat saji, yang mungkin lebih menjelaskan kaitan yang ditemukan di studi ini.

Sumber: majalah El-Fata

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s