Berita Gembira Tuk Orang Tua yang Anaknya meninggal Dunia

Standar

Apa yang anda rasakan ketika anak, orang tua, saudara atau kerabat dekat Anda tiba-tiba saja di panggil oleh sang Khaliq? Tentu sedih dan mungkin putus asa karena kehilangan seseorang yang kita sayangi dan bahkan menjadi tumpuan hidup kita. Kehilangan orang tercinta memang sungguh menyedihkan tapi taukah anda, ada berkah di balik setiap peristiwa, pun kematian tentu jika kita mampu menyikapinya secara bijak, penuh kesabaran dan keikhlasan.

”Innalillahi Wa innalilallhi Roji’un” Sesungguhnya kita ini adalah milik Allah, dan pasti kita akan kembali kepada pemilik kita, Allah Ta’ala

Nah, ada kabar gembira bagi orang tua yang ditinggal mati oleh anaknya , apa itu?.

Baiklan, coba kita dengarlah sabda Rasulullah berikut ini: ’Diriwayatkan dari Anas ra, dia berkata : ”Rasulullah saw bersabda, tidaklah seorang muslim kematian tiga anaknya yang belum baligh, kecuali, Allah pasti akan memasukkannya ke dalam surga berkat kasih sayang-Nya kepada anak-anakny tersebut, ”(HR Bukhori muslim).

Ada beberapa hal yang mesti diketahui oleh orang tua pun kita, agar kematian tersebut bisa menjadi berkah dan mengantarkan kita menuju surga Allah. Diantaranya, seperti yang telah saya katakan diawal,

1. Orang tua mesti sabar dan iklas menerima kepergian sang anak, tidak meratapi kepergiannya secara berlebihan boleh menangis dan bersedih asal tidak berlarut-larut sehingga dapat menimbulkan keburukan bagi kesehatanya.

2). Sadar dan memuja allah

Yaitu dengan mengucapkan kalimat istirja (innaa lillahi wainnailillaihi roojiun) dan merenungi kandungan maknanya. Kita , anak kita, dan segala sesuatu yang ada disekitar kita semuanya adalah milik Allah. Anak adalah amanah, titipan dari Allah, yang mesti kita jaga dan pelihara dengan sebaik-baiknya. Karena anak ibarat barang titipan tentu suatu saat jika sang pemilik akan mengambil kembali miliknya tersebut kita mudan berlapang dada menyerahkan barang titipan tersebut kepada sang pemilik

3) Mengharap pahala atas kematian sang anak.

Seperti yang telah saya katakan diawal, bahwa, kematian seorang anak bukanlah suatu musibah melainkan himpunan berkah yang mesti dipetik oleh orang yang di tinggalkan. Orang tua semestinyalah memohon pahala dan keberkahan dari peristiwa tersebut, maka dengan senang hati Allah akan melimpahkan banyak kebaikan dan pahala kepada hambanya yang meminta dengan setulus hati.

Nah, bukankah hal ini merupakan kabar gembira bagi orang tua yang ditinggal mati oleh anak-anaknya yang belum baligh dan janji Allah tersebut merupakan bukti karunia dan kemurahan Allah kepada hamba-hamba-Nya. Dan jika pun mendatangi neraka, itu hanya bagian dari janji Allah yang telah menjadi ketetapannya.

Lho, menetapi janji apa ? mungkin saudara bertanya-tanya akan hal ini. Janji ini berkaitan dengan firman Allah dalam surat maryam (19) : 71 ”dan tidak seorang pun dari kalian, melaikan dia pasti mendatangi neraka itu ”.

Belum jelas? Maksud mendatangi disini adalah menyeberanginya di atas shiraat, yaitu sebuah jembatan yang di bentengkan di atas neraka jahanam, bukanlah untuk mencapai pintu surga, seorang hamba mesti melewati jembatan tersebut ? dan ketahuilah wahai para orang tua, anak-anak anda yang telah meninggalkan anda terlebih dahulu tersebut, kelah akan menunggu anda di pintu tersebut (surga-red).

Haruslah tiga anak ?

Apakah mesti tiga atau 2 anak baru orang tua dapat menikmati kemewahan surga? Kalau begitu bagaimana dengan orang tua yang kematian satu anak ? atau malah tidak kematian sama sekali?

Sesungguhnya Allah Maha pemurah lagi Maha Bijaksana, hal di atas ternyata tak hanya berlaku bagi orang tua yang kehilangan 3 atau 2 anaknya, maka orang tua yang hanya kehilangan satu anak pun dapat merasakan nikmatnya surga lalu bagaimana dengan orang yang tidak kematian anak sama sekali dari umat Rasullullah ? ingat ! Rasulullah adalah pemberi syafaat (pertolongan ). Dan syafaat Rasulullah ini akan di bagikan bagi umatnya yang Rasulullah kehendaki, jadi tenanglah orang tua yang tidak di tinggal mati oleh anaknya, karena syafaat Allah akan menjadi penolong kita di akhirat kelak.

Meski kematian anak membuka jalan bagi orang tua di taman surga, namun tidak diperenankan orang tua kemudian mengharapkan agar anaknya meninggal dunia. Surga ini hanya pengganti anaknya yang di minta oleh Allah. Sesunguhnya anak merupakan ladang berkah, ketika masih hidup ataupun telah mati, anak senantiasa memberikan manfaat bagi orang tua.

9 thoughts on “Berita Gembira Tuk Orang Tua yang Anaknya meninggal Dunia

  1. muhammadhr22

    Subhaanallah, walhamdulillah, walaailaahaillallah, allaahuakbar. Janji Allah tak pernah tertukar….
    Saya orangtua yang ditinggal oleh 2 anak yang saya sayangi, tersisa 1 anak yang saya jaga benar. Sungguh berat untuk ikhlas dengan kepergian mereka….. alhamdulillah semoga tulisan ini membuat saya bertambah kuat dan tidak larut bersedih….
    iyyaa kana’budu…waiyyaa kanasta’iiin

    >>Innalilahi wainnailaihi roji’un.
    Semoga kasih dan rahmat Allah senantiasa tercurah untuk bapak Muhammad. Amin

  2. irmasustika

    Innalilahi wainnailahi rojiun..
    Saya seorang ibu yang baru saja kehilangan anak bungsu yang sangat saya cintai.Sesungguhnya sungguh berat untuk ikhlas menerima ujian yang saya hadapi, karena kepergiannya begitu tiba tiba, akibat kecelakaan dan menjadi korabn tabrak lari.
    Semoga tulisan ini bisa membuat saya lebih kuat menghadapi hari hari saya kedepan
    Wass.

  3. Ya Alloh.. semoga kami dikumpulkan dengan ananda tercinta kami aamiin.. Kami pun telah kehilangan putri tercinta kami ketika usia ananda berusia 4 bulan pada tahun lalu. Seorang anak yang kami tunggu2.. tapi kami yakin.. Alloh sangat menyayangi anak kami, sehingga kami selalu berusaha ihklas dan sabar.

  4. subhanallah,saya bunda yg ditinggal anak saya setahun yg lalu,genap putra saya berusia 4 th,semoga saya bisa semakin kuat dan sabar menghadapi smua ini,dan saya percaya,yakin dan bahagia dg janji Allah,,,,amin ya robbal alaminnnn

  5. Assalamualaikum warahmatullahi waarakatuh,
    Innalillahi wainailaihi roji un
    saya adalah seorang ibu yang ditinggal anak sya pada usia 1 bulan, karna kelainan jantung
    anak saya meninggal 4 thn lalu dan sampai saat ini saya blum dikarunia anak lagi, menangis, sedih, bimbang ketika teringat anak q yang telah tiada,,,sampai kapan pun aq tdk ada berhenti mengirimkan doa buat anak q tercinta,,
    Ya Allah segera berikan aq keturunan lagi, agar aq bisa merasakan menjadi wanita yang sempurna.aamiin

  6. Innalillahiainnalillahiraji’un…
    saya baru saja kehilangan anak seminggu yg lalu, hari ini genap mmperingati tahlilan yg ke 7hr. ditinggal oleh anak yg sedang lucu2nya berumur 7bln mmbuat sya sangat terpukul terutama nenek nya yg sudah mnjaga nya.. smoga Allah mnggnti dgn yang lebih baik lgi dan semoga kelak bisa brtemu anak sya di akhirat aamiin…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s