Tips Tidur Bekualitas dan Mengatasi Sulit Tidur

Standar

Tips tidur berkualitas dan mengatasi sulit tidur

  1. Jagalah kebugaran tubuh dan rutin dalam berolahraga
  2. Jadwalkan waktu dan lama tidur yang teratur, serta patuhi jadwal itu. Jadwal yang berantakan membuat jam biologis juga kacau sehingga gangguan tidur muncul. Sebaliknya, keteraturan bisa memudahkan langkah dalam beristirahat dihari-hari berikutnya.
  3. Buat lingkungan sekeliling kita senyaman mungkin untuk tidur. Hilangkan semua bunyi yang menjengkelkan, semisal tetesan ringan pada keran.
  4. Mandi air hangat pada malam hari, juga minuman seperti susu, sari buah, atau the hijau, dapat membantu memudahkan tidur.
  5. Hindari tidur dalam suasana lapar atau kekenyangan.
  6. Matikan atau redupkan lampu; jangan tidur dengan peralatan pemancar elektronik (televise, computer, laptop) masih menyala.
  7. Menulis rencana tugas/beban untuk esok hari, tenangkan diri sebelum tidur. Banyak orang sibuk mermikirkan beban tugas hingga menggangu istirahatnya. Lebih baik menjadwalkannya pada kertas, buku harian, atau organizer; beban lewat, jadwal esok lancar tidak membuat penat, tidur malam pun nikmat.
  8. Jangan berlama-lama ditempat tidur jika belum mengantuk, lakukan aktivitas ringan untuk memancing kantuk. Hindari tempat tidur sebelum kita merasa mengantuk.
  9. Jadikan tempat tidur untuk tempat istirahat, jangan bekerja tempat tidur. Para peneliti hanya mengenal kamar tidur dalam dua fungsi: untuk melakukan aktivitas seks dan untuk tidur. Bila kamar tidur dan kasur telah digunakan untuk fungsi lain, justru akan mengurangi kualitas ruang istirahat. Jadi, jangan sekali-kali menyatukan ruang tidur dengan ruang kerja atau belajar. Bagi yang masih kos, sebaiknya fungsikan bagian–bagian kecil dikamar dengan sebaik mungkin. Sehingga, kasur hanya dipakai untuk tidur, sedangkan selebihnya, lakukan aktivitas seperti belajar atau menonton TV di tempat lain.

Sumber : SUPER HEALTH : Gaya Hidup Sehat Rasulullah.

Karya, Egha Zainur Ramadhani

17 thoughts on “Tips Tidur Bekualitas dan Mengatasi Sulit Tidur

  1. Satu lagi, Kang… (menambahkan aja…)
    Selain berdoa kata Kang akaldanhati dan kang fitrahfitri, bakal lebih baik tidur agak miring ke kanan. Selain dicontohkan Rasulullah, ternyata menurut medis, bisa menurunkan kemungkinan terjadinya gangguan fungsi ginjal, hati, pankreas, dll sampe lebih dari 70%!!!

    >>yup, setuju dech. emang baginda Rasulullah SAW adalah suritauladan yang luar biasa.
    dan selalu tersimpan hikmah dibalik setiap teladan yang ia contohkan.
    semoga kita menjadi salah satu umat nabi Muhammad yang memperoleh safa’atnya kelak di zaumul akhir. Amin

  2. ariefdj™

    ..kalo aq, malah terlalu mudah utk tertidur.. bahkan, kalo bener2 ngantuk, sambil berdiri juga bisa lho tertidur beberapa saat..😀

    >>wah, hebat dong pak, tidur sambil berdiri. hati-hati aja, jangan sampai jatuh. he..he..

  3. ya..ya..ya..
    Tidur adalah salah satu nikmat yang diberikan Alloh.

    “Dan krn rahmat-Nya, Dia jadikan utk kalian malam dan siang, spy kalian beristirahat pd mlm itu dan spy kalian mencari sebagian dr karunia-Nya (pd siang hari) dan agar kalian bersyukur kpd-Nya.” [Al-Qashash:73]

    selamat tidoer eh puasa.

    >>siiip dech pak Ustadz Yodama…
    selamat menjalankan ibadah puasa yach
    sukses selalu

  4. wah syukron infonya kebetulan diriku lagi susah tidur kalo malam..

    >>Afwan mas Hangga.
    biasakhan, memiliki jadwal super sibuk. jadinya susah tidur
    artis gitu loh, he..he..
    “just kidding”

  5. Sebenarnya tidur tidak perlu terlalu lama, yang penting bisa benar-benar lelap. Lagipula, kebutuhan lama tidur untuk tiap-tiap orang berbeda. Yang jelas, tidur malam sangat penting, karena pada malam hari tubuh melakukan metabolisme tertentu yang hanya bisa berlangsung secara optimal jika kita berada pada kondisi tidur lelap.

    >>siiip dech bu Tuti. terima kasih atas ilmunya.
    salam

  6. info yang bagus banget mas.
    soalnya saya susah tidur, n kalo kaya gitu, biasanya baca buku sambil tiduran. bagus ga yach?!?🙂

    salam kenal..

    >>sama dong dengan saya. saya juga sering baca buku dengan tidur. dan dengan sendirinya mata inipun akan terlelap. walau sebenarnya kebiasaan ini jelas tidak baik. baik bagi perkembangan otak sendiri, pun kerja otak terhambat saat memahami bacaan.

    salam kenal juga

  7. Terima kasih ya tipsnya…
    Berguna sekali terutama untuk anak kuliahan yang harus tidur malam karena tugas dan kegiatan lainnya^^

    >>Sama-sama, (^_^)
    terima kasih ya sudah bersilaturahmi
    salam kenal

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s