Kang Abik Bedah KCB di UMS

Standar

Habiburrahman El Shirazy Bedah KCB di UMS

Kang Abik, demikian ia lebih akrab disapa. Siapa sich yang gak kenal ama dai sekaligus novelis yang satu ini. Melejit lewat novel fenomenalnya, Ayat-ayat Cinta (AAC), yang kemudian semakin melambung setelah novel itu diangkat ke layar lebar. Yup, Habiburahman El Shirazy alias kang Abik, sekarang tengah sibuk melakukan perburuan manusia untuk menjadi pemeran utama dalam film terbarunya yang juga diadaptasi dari novel best sellernya, Ketika Cinta Bertasbih (KCB).

Subhanallah, jika biasanya pribadi ini hanya mampu melihat keindahan tuturnya lewat rentetan kata yang begitu bermakna. Jika sebelumnya diri ini hanya mampu dibuat kagum oleh karya-karyanya yang begitu menyentuh dan menggugah jiwa. Dan jika biasanya diri ini hanya mampu menatapnya lewat layar kaca atau media massa. Tapi pagi itu, Ahad, 7 Sept’08, bertempat di Auditorium Muhammad Djazman UMS, sosok laki-laki itu begitu jelas dan dekat. Dengan baju muslim dan kopiah kecil yang menutup kepalanya, serta kaca mata yang telah identik dengan keseharian beliau, kang Abik naik menuju podium yang telah disediakan oleh pihak panitia. Seketika suara tepuk tangan riuh membahana diseantero penjuru gedung. Panitia sempat dibuat repot oleh banyaknya jumlah pengunjung yang diluar perkiraan mereka. Al hasil, kursi duduk pun tidak mencukupi, sehingga panitia mesti segera mencarikan kursi tambahan, agar para peserta yang datangnya belakangan tidak berlama-lama berdiri di belakang.

Yup, pagi itu Kang Abik memang telah diundang pihak panitia untuk membedah isi novel terbarunya “Ketika Cinta Bertasbih” yang juga segera menyusul AAC untuk ikut mencicipi bagaimana rasanya masuk ke dunia layar lebar.
Kang Abik memulai proses pembedahannya, dengan menyetir dua buah kalimat yang di tulis oleh Khairul Azzam (tokoh utama), dalam surat yang dibuatnya.
“Mengukir sejarah” dan “Aku tidak akan pulang ke Indonesia, sebelum memperoleh gelar doctor”

Dari dua kalimat ini, dapatlah kita terka apa yang hendak Kang Abik sampaikan kepada para pembaca lewat novel-novelnya termasuk KCB. Nah, lewat KCB ini kang Abik ingin mengajak kepada para pembaca agar memiliki “Himmah Aliyah” atau hasrat dan keinginan yang kuat untuk meraih kesuksesan hidup. Maka dari itu, karya-karya yang kang Abik buat kebanyakan bertujuan memotivasi kepada para pembaca agar mempunyai responsibility yang tinggi. Hal itu dapat kita lihat dari tema yang dicantumkan dalam covernya.

Kang Abik berpetuah, “Orang-orang besar adalah mereka yang memiliki Himmah Aliyah yang besar, yaitu mimpi dan cita-cita yang besar”. Beliau melanjutkan, “Himmah tersebut jika dihadirkan dengan hati yang tulus dan ikhlas, meski tidak tercapai, Allah tetap akan mencatatnya sebagai kebaikan yang kamillah (sempurna).
Nah, itulah sedikit kupasan yang kang Abik sampaikan dalam pembedahannya. Penyampaian yang begitu indah dan halus, sebagaimana ia bertutur dalam karya-karyanya. So, bagi yang belum baca sequel novelnya, gak ada salahnya tuk segera membacanya. Apalagi bagi sahabat yang butuh motivasi dan inspirasi tuk berwirausaha atau sukses dalam hidup. Novel ini sangat layak tuk dibaca oleh semua kalangan.
Wassalamu’alaikum,…….

8 thoughts on “Kang Abik Bedah KCB di UMS

  1. Kang Abik berpetuah, “Orang-orang besar adalah mereka yang memiliki Himmah Aliyah yang besar, yaitu mimpi dan cita-cita yang besar”. Beliau melanjutkan, “Himmah tersebut jika dihadirkan dengan hati yang tulus dan ikhlas, meski tidak tercapai, Allah tetap akan mencatatnya sebagai kebaikan yang kamillah (sempurna).”

    Amiennn.. semoga di Indonesia akan semakin banyak orang2 yang memiliki kedalaman hati dan ilmu serta cita2 seperti kang Abik ini..

    >>Amin. Insyaallah akh,

  2. Dude

    Mudah-2an filmnya lebih bagus dari pada Ayat-ayat Cinta…

    Kira-2 siapa ya yg pantes jadi Kang Azzam?

    >>Saudara dude (herlino) mungkin? he..he…udah ikut casting blom?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s