PANDANGLAH LAUT, TEMUKAN MUTIARA DI SANA

Standar

PANDANGLAH LAUT, TEMUKAN MUTIARA DI SANA

pic046Siang itu langit tampak begitu bersahaja. Awan putih melayang mengikuti aliran udara. Sesaat mata ini menatap hamparan biru nan indah dengan ombak yang bergelombang. Meski matahari bersinar garang, namun tak membuat suhu udara siang itu terasa panas. Sebaliknya, angin bertiup sepoi-sepoi, seolah hendak melebur kegarangan sang mentari. Nun jauh disana, sekerumunan angsa putih terbang rendah hampir menyentuh permukaan laut. Entah apa yang dilakukan, tapi semakin lama, mereka semakin jauh dari pandangan mata. Makhluk-makhluk putih itu kian mencipta keindahan panorama laut.

Pikiranku mulai khusyuk bertafakur, mengagungkan keindahan alam, buah karya Sang Pemilik Keindahan. Ternyata, tersimpan berjuta makna didalamnya. Ku coba renungkan tentang air laut yang berwarna biru, symbol ketenangan sebuah jiwa. Dan jernihnya air laut, symbol kejernihan sebuah pemikiran. Dalam hidup ini, manusia tidak pernah lepas dari yang namanya masalah. Seolah telah menjadi ketetapan, masalah-masalah itu muncul silih berganti, menimbulkan kecemasan bagi manusia. Dalam kondisi yang demikian, maka aku ingin seperti laut, yang tetap tenang dalam menghadapi setiap debur ombak yang tak henti menerpa, dan berpikir jernih, sejernih air laut yang terus bergerak sembari berdo’a agar masalah-masalah yang menghimpit akan lebih mudah diselesaikan. Aku tidak ingin menjadi salah satu dari banyak orang yang membuat keputusan yang tidak tepat dikarenakan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, ditambah lagi kondisi pikiran yang serba ruwet, sehingga kesannya kita tidak benar-benar ingin permasalah itu selesai.

Kemudian mata kecilku tertuju pada sebuah perahu kayu mungil yang berlayar menuju arah timur. Perlahan, perahu itupun semakin terlihat kecil dan akhirnya lenyap dari pandangan. Sehingga yang tersisa hanyalah hamparan air laut yang begitu luas. Seluas manusia memandang alam raya ini.

Berlayar dilautan lepas ibarat mengarungi samudra kehidupan. Penuh cobaan, tantangan dan tentu saja mara bahaya yang datang dan siap mengancam dari berbagai penjuru, baik dari permukaan laut, maupun dari balik bumi. Nah, maka dari itu, bekal sangatlah di butuhkan untuk melewati berbagai tantangan itu, pun sebagai persediaan saat jiwa harus terus berlayar, sehingga bisa sampai ke tempat yang hendak di tuju. Ilmu adalah bekal utama untuk mengarungi samudra hidup ini. Untuk menghadapi permasalahan, sekali lagi, dibutuhkan ketenangan dan kejernihan hati dan pikiran. Hal ini sangat penting, agar kita bisa mencari solusi secara baik dan benar, sehingga tidak akan muncul istilah ‘penyesalan itu selalu datang terlambat’ dalam hidup kita. Belajar bersikap tenang dan berpikir jernih juga bagian dari sebuah rencana untuk meraih kemenangan. Karena seseorang yang sukses dalam perencanaan, berarti ia telah merancang dan merencanakan sukses dalam hidup mereka.

Cobalah menyelam lebih dalam hingga ke dasar laut. Maka akan kau temukan banyak rahasia dan barang-barang bernilai di dalamnya. Demikianlah seharusnya seorang yang ingin meraih sukses. Cobalah untuk berpikir lebih dalam, galilah potensi yang ada pada diri ini, munculkan ide-ide cemerlang lewat pikiran kreatif ini. Ingat Albert Einstein, sang Fisikawan yang seper jenius itu, baru menggunakan sekitar 2 % dari kemampuan otaknya untuk mengubah sebuah peradapan. Lewat berpikir mendalam, coba temukan rahasia-rahasia yang tersembunyi dari alam semesta ini, dan temukan hal-hal berharga yang mampu memberikan kontribusi bagi kemaslahatan umat.

………# #…………

Tak terasa senja telah di penghujung waktu, laut tak lagi biru. Cahaya senja mengubahnya menjadi kuning kemerah-merahan. Matahari pun mulai menuju peraduan. Burung-burung angsa mulai kembali keperistirahatan. Ribuan manusia yang tadinya membanjiri pantai, kini berangsur susut. Hanya tersisa segelincir manusia yang memang ingin menikmati indahnya panorama senja di ujung lautan.

12 thoughts on “PANDANGLAH LAUT, TEMUKAN MUTIARA DI SANA

  1. milassalmi

    Itulah mas hal yang paling sulit dalam hidup ini, untuk menyelami dan mendalami diri sendiri di kedalaman jiwa dan hati, banyak lapisan yang harus ditembus. Bagimana kalau kita melakukan hal itu dengan IMAN…? Namun aq tak tahu cara dan jalannya…

  2. Subhanallah, indah

    Laut ciptaan Allah yg indah
    Saat tenang, saar riak, saat gelombang

    Saat badai datang baru kita menyadarinya
    Bahwa kita harus siap menahan ujian

  3. Sungguh Allah Maha Besar menciptakan bumi dan seisinya . Tidak ada yang sia-sia.

    jadi tenang rasanya liat laut yang begitu biru…sebiru hati saya

    Dengan ombak yang begitu tenang, setenang hati saya….

    Salam damai di dalam kedaiman menuju keheningan…

  4. wartinimurong

    Alhamdulillah
    Betapa bahagianya orang-orang yang bisa menyelam di lautan
    kalau orang Islam pasti kata2 pertama yang diucapkan adalah
    SUBHANALLAH

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s