(TTS: Chapter 12) English Show Time: Inspirasi dari Panggung Teater


16252132_1263197253703097_8745862501848146370_oSalah satu program yang kami luncurkan ditahun pertama saya menjabat sebagai koordinator untuk pengembangan bahasa inggris disekolah adalah English Show Time.  Sebuah program yang terinspirasi dari pertunjukan di panggung teater. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris yang menyenangkan. Pembelajaran bahasa inggris yang dibalut dengan pertunjukan-pertunjukan menarik dan menghibur.  Kegiatan ini kami laksanakan seminggu sekali dan diselenggarakan disela-sela jam istirahat.  Sehingga bisa menjadi alternatif bagi para siswa untuk mengisi waktu istirahat dengan kegiatan-kegiatan yang bisa menambah wawasan serta keterampilan siswa.

Satu hal yang sering saya tekankan kepada siswa-siswi saya adalah cintailah ilmu yang engkau pelajari, karena dari situlah awal mula kunci kesuksesan dibuka. Ketika kita mencintai apa yang kita lakukan, sejatinya kita telah memunculkan motivasi diri untuk terus belajar dan belajar.

Kemudian bagaimana memunculkan rasa cinta siswa terhadap setiap pelajaran yang mereka pelajari? Apakah itu sepenuhnya usaha siswa? Tentu tidak, guru memiliki peran penting dalam upaya memunculkan rasa cinta siswa terhadap pelajaran yang mereka ajarkan. Bagaimana? Tentu saja dengan menampilkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.  Seperti apa pembelajaran yang menarik dan menyenangkan itu? Menurut saya pembelajaran yang menarik itu adalah yang mampu membuat siswa betah berada didalam kelas, mereka belajar dengan enjoy dan penuh semangat. Inilah yang selalu saya upayakan dalam kelas-kelas saya.

Program English Show Time juga menampilkan pertunjukan bahasa inggris yang dikemas semenarik mungkin agar anak-anak senang. Dan alhamdulillah usaha kami tidak sia-sia.  Antusiasme anak-anak terhadap program ini sungguh luar biasa. Mereka berlomba-lomba untuk mendaftar lebih dulu guna mendapatkan tiket pertunjukan yang hanya kami sediakan sebanyak 30 kursi.

Then finally, welcome to the english show. Grab your ticket and enjoy the show.

Published by

muhsinsakhi

lahir di sebuah perkampungan kecil di Boyolali tepatnya di desa Sambiroto, Sindon, Ngemplak, Boyolali. Mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta jurusan FKIP Bahasa Inggris. Saat ini berprofesi sebagai pengajar di SD Al-Azhar Syifa Budi Solo. Tergabung dalam komunitas menulis FLP Solo Raya. Beberapa karyanya dimuat dalam buku antologi bersama seperti “Kapur dan Papan: Kisah Menjadi Guru” (2015), “Dupa Mengepul Di Langit” (2015), “Kapur dan Papan: Mendidik dengan Hati” (2016), “Ensiklopedi Penulis Nusantara” (2016), “Ketika Buku Berkisah Tentang Aku” (2016), “Bayang Terang Pendidikan” (2018) dan “Kaki Api” (2018) serta buku solo yang baru terbit tahun ini berjudul “Catatan Di Balik Ruang” (2020)

6 thoughts on “(TTS: Chapter 12) English Show Time: Inspirasi dari Panggung Teater”

  1. boleh dong saya juga ikut progrlam bahasa Inggrisnya. saya juga ingin belajar. 😀

    saya selalu senang berkenalan dengan blogger dengan latar belakang pengajar dan suka kepada bahasa.

    Salam

    Like

    1. Aamiin. terima kasih atas kunjungannya. mari silakan mas, dengan senang hati. nanti malah bisa jadi narasumber di acara english show kami. kami tunggu kehadirannya di Solo 🙂

      Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s