Inspirasi Bagi Para Juru Dakwah

Standar

Inspirasi Bagi Para Juru Dakwah 3d.jpg 

“Keberhasilan Rasulullah SAW dalam berdakwah, salah satunya didukung oleh teknik penyampaian beliau yang begitu luar biasa. Ketika Rasulullah berbicara, tutur katanya sangat menawan bagaikan untaian mutiara yang tersusun indah. Hal ini adalah cerminan ketulusan dan kepandaian beliau dalam memilih setiap patah kata.” Demikian kata Ustadz Komarudin Chalil dalam bukunya,” Kiat Sukses menjadi Pembicara yang Menggugah dan Mengubah. Yang sebagian besar isi bukunya merupakan tinjauan retorika Aa Gym.

Nah, kita sebagai manusia tentu tidak akan pernah lepas dari aktivitas pokok ini. Berbicara atau bahasa kerennya berkomunikasi adalah modal dasar manusia untuk saling memahami antar sesama sehingga terjalin interaksi dan sosialisasi yang baik di dalam masyarakat. Di tengah-tengah masyarakat, setiap orang dituntut untuk mampu berbicara di depan umum.  Lebih-lebih jika saudara menjadi seorang juru dakwah. Tentunya tidak boleh asal asalan dalam berbicara karena setiap perkataan saudara ( Juru Dakwah ) akan menjadi acuan bagi orang lain dalam bertindak. Selain mampu memberikan petuah-petuah yang mampu mengubah, lisan juga bisa menjelma menjadi sebuah pisau tajam yang siap mengiris segala sesuatu yag ada didepannya. Dan hal ini tentu bisa membuat orang lain sakit dan terjatuh bahkan hilang nyawa. Hii…hii serem gak? Maka dari itu, dalam berbicara seseorang haruslah hati-hati. Apalagi jika saudara bercita-cita tuk menjadi juru dakwah, hal ini harus benar-benar saudara perhatikan. Yang pasti menjadi juru pembicara yang menggugah adalah impian setiap pembicara. Nah, simak penggalan-penggalan kalimat ajaib dibawah ini. Bacalah berulang-ulang kemudian resapi dan dapatkan kekuatan besar tuk mengembangkan sayap-sayap dakwah saudara.

Catatan Awal :

Catatan-catatan yang akan saudara baca dibawah ini adalah kutipan-kutipan dari bukunya  Komarudin Chalil, yang berjudul “ Kiat Sukses Menjadi Pembicara Yang Menggugah dan Mengubah”. Sebagai pembuka, beberapa pengertian dibawah ini sepertinya perlu saudara ketahui terlebih dahulu sebelum saudara menyelami setiap untaian kata bermakna ini.

  1. Teknik berbicara (berkomunikasi) yang menggugah dan mengubah adalah sebuah ilmu atau keterampilan menyampaikan gagasan serta ide kepada orang lain sehingga mendorong dan memotivasi orang lain untuk melakukan perubahan.
  2. Kemampuan berbicara menggugah berarti sebuah kemampuan berbicara ysng bisa menggugah dan menyentuh qolbu, sehingga tidak hanya menjadi konsumsi akal atau logika, tetapi mampu menembus ke relung qolbu pendengarnya
  3. Kemampuan berbicara yang mengubah adalah teknik menjadi pembicara yang dapat menimbulkan efek perubahan bagi pendengarnya. Awalnya perubahan paradigma, kemudain perubahan motivasi, sikap, dan akhirnya terjadi perubahan perilaku pendengar.
  4. Berbicara dari hati artinya pembicaraan kita keluar dari hati yang  tulus untuk menyampaikan kebenaran. Sebagus apa pun untaian kata-kata, jika tidak diiringi dengan hati yang tulus dan ikhlas, tidak mungkin mengubah dan menyentuh hati pendengarnya. Ingat! Hati hanya bisa disentuh oleh hati.

  Niat adalah  kekuatan yang membuat pembicara power full. Niat yang tulus muncul ketika semua yang ia lakukan hanya untuk mengharapkan ridlo Allah swt.

***

Semakin focus dan jelas tujuan yang ditetapkan, akan semakin efektif pembicaraan.

***

Kepekaan kita terhadap pendengar merupakan ladang amal agar pendengar memahami tugas-tugasnya

***

Ketika berbicara ,suara kita harus di atur agar memiliki volume dan kualitas yang baik. Prinsip pengaturan suara dalam berbicara adalah keras, tegas dan jelas..

***

Semakin lengkap informasi yang di miliki, seperti akibat yang mungkin timbul, ruang lingkup prosedur , resiko dan aturan, maka informasi itu akan semakin difahami

***

Jika pembicara menghayati tujuannya, maka ia akan mudah mentransfernya kepada pendengar dengan percaya diri.

***

Analisis mengenai kondisi audiens, seperti jumlah, usia, jenis kelamin,  pekerjaan pendidikan agama, status social politk, adat, dan budaya sangat diperlukan.

***

Pepatah kuno orang swiss mengatakan, pakaian menunjukan kepribadian .artinya jika kita salah menata penampilan, akan mengubah penilaian pendengar kepada kita.

***

Jika pendengar sudah bersatu hatinya dengan kita, maka penyampaian ide dan gagasan akan lebih mudah di lakukan.

***

Ciptakanlah gambar yang hidup dalam pikiran pendengar . hal ini bisa di lakukan dengan cara menvisualisasikan topik dengan gambaran dengan kata-kata, cerita lucu, atau gambar-gambar topik.

***

Berbicara dengan bahasa tubuh dan ekpresi yang tepat, akan mempermudah pemahaman pendengar.tanpa mengatakannya lewat bahasa verbal, pedengar memahami dari bahasa tubuh pembicara.

***

Kepekaan kita terhadap pendengar merupakan ladang amal agar pendengar mudah memahami tugas-tugasnya.

***

Berbicara dari hati akan memperindah akhlak kita sehingga pendengar nyaman dan tertarik.

***

Kunci perubahan diri adalah kemauan mengevaluasi kekurangan diri. Seseorang Pembicara akan sukses jika ia memiliki sistem evaluasi yang sistematis dan terukur.

***

Pembicara yang menggugah dan mengubah memiliki prinsip 100:1, artinya, dari seratus informasi yang masuk kedalam pikiran dan hati kita, maka hanya satu informasi yang perlu disampaikan.

***

Ciri orang sukses adalah selalu mengadakan perubahan. Ingatlah sabda Rosululloh SAW ,orang yang beruntung adalah yang hari ini lebih baik dari yang kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.

***

Pembicara yang sukses adalah yang mencari pertolongan Allah SWT dengan memperbanyak ibadah.

,***

teknik termudah terampil berbicara adalah dengan mengamalkan apa yang akan dibicarakan sehingga menjadi bagian.

***

Cara mudah agar pembicaraan kita tidak didengar oleh pendengar adalah “berkata-katalah yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada pada diri kita”

***

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s