TAK BERGERAK SAMA DENGAN MATI

Standar

TAK BERGERAK SAMA DENGAN MATI

Apa jadinya jika air dimuka bumi ini tiba-tiba terhenti begitu saja? Air-air disungai terhenti. Air hujan berhenti berkondensasi. Air terjun tertahan di puncak gunung. Air mata tak lagi menetes. Segala zat berwujud cair berhenti bergerak. Cukup berhenti bergerak tidak hilang.

Keseimbangan bumi pada akhirnya terkoyak,hilir akan kehabisan pasokan air, kemarau berkepanjangan, akhirnya makhlukpun akan binasa.  Air akan menggenang, kemudian mengeruh, sirkulasi terhenti, perlahan lenyap akhirnya tak memberi manfaat.

Begitu pula pada manusia. Jika mereka tidak lagi mampu atau tidak mau untuk melakukan pergerakan, maka tidak ada manfaat yang bisa diberikan . karena berhenti sama dengan mati. Akal yang tidak mau digunakan untuk berpikir lama-lama tumpul kemudian berkarat akhirnya tak berguna. Mati. Lisan yang tidak mau digunakan untuk berkata kebaikan sama dengan mati. Hati yang tidak mau digerakkan untuk memaknai kehidupan pada akhirnya akan mati. Ingat tidak bergerak sama dengan mati. Hanya dengan bergerak, manusia bisa memberi manfaat setidaknya bagi diri sendiri. Seperti air, semakin jauh ia mengalir, semakin banyak kemungkinan manfaat yang bisa ia berikan bagi makhluk disekitarnya. Maka bergeraklah, lakukan tindakan-tindakan yang memberi kebaikan, tidak apa-apa memulai dari hal-hal kecil. selagi nafas masih terjaga dan ruh masih di dada, maka bergeraklah untuk kebaikan. Hidup sekali bermanfaat selamanya. Bravo!!!

31 thoughts on “TAK BERGERAK SAMA DENGAN MATI

  1. wibisono

    Air yang tidak mengalir itu akan menjadi keruh dan kotor. sedangkan air yang mengalir lebih menjernihkan dan bisa mensucikan.. Begitu juga manusia..

    • setuju, salah satu cara mensyukuri nikmat Allah berupa akal adalah dengan menggunakannya untuk berpikir tentang kebaikan sehingga akan menghasilkan ide-ide yang positif lagi bermanfaat. makasih silaturahminya. ^_^

  2. Sindhu

    Seperti siput, meski lambat tapi itulah gerakan yg ditimbulkannya. Meski sedikit, tapi bermakna buat kehidupannya.
    Nice share. Salam kenal.🙂

  3. fi

    benar, seperti hukum newton I, benda diam akan tetap diam, benda bergerak akan tetap bergerak selama gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol..

    ana suka, syukron…

  4. Anugrha13

    adakalanya dalam hidup kita menemukan kestatisan dan kemudian kita selalu berkata “let’s it flow”…
    org terkadang salah mengartikan kata tersebut adalah sebuah kestatisan, atau tidak ada usaha
    padahal sejujurnya ga demikian, kalo kita mengikuti air?apakah air hanya diam?dia selalu bergerak dan mencari celah untuk menemukan jalannya🙂

  5. ochaanggraini

    Workshop Bisnis Online. Malang, 29-30 Oktober 2011. Peserta terbatas 30 orang. Tempat LAB Statistik FE UIN Malang.

    Materi UTAMA : Membangun TOKO ONLINE, Riset PRODUK, Teknik JITU Promosi dan Marketing INTERNET.

    Materi TAMBAHAN : Optimasi Blackberry+Facebook+Twitter Untuk BISNIS Online.

    Garansi 1 BULAN Jualan.

    Info Lengkap: http://www.GuruBisnisOnline.com | PIN BB 2310BF87 | 0856 4960 8915.

  6. Isi post yang bagus..

    Mungkin bisa disamakan dengan cerita mengapa orang Jepang memasukkan se-ekor hiu ke dalam kolam ikan salmon di dalam kapal penangkapan salmon di laut Jepang..

    Seluruh restaurant seafood terutama sushi, akan membeli ikan salmon yang lebih mahal jika salmon tersebut masih hidup… dan para nelayan menaro se-ekor hiu ke dalam kolam salmon tersebut, karena ternyata walau Salmon2 itu akan mati karena jarak tempuh balik dari laut ke daratan begitu jauh… salmon2 akan memaksa dirinya untuk bergerak agar tidak dimakan oleh sang hiu… karena kalau mereka tidak bergerak ya sama saja dengan mati..🙂

  7. ya, orang introver terkadang merasa tersiksa. saya pernah mengalami hal itu. merasa tidak berguna dan terasing. sehingga sering menyalahkan diri sendiri atas kondisi demikian. maka menjadi ekstrover tidak lagi pilihan tapi sebuah kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri. salam persahabatan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s