BBM NAIK:Harga Buku Naik?

Standar

BBM NAIK:Harga Buku Naik?

Isu kenaikan harga BBM ternyata mulai menimbulkan keresahan di tengah hiruk pikuk kehidupan masyarakat. Tak pelak hal ini pun menimbulkan dampak yang cukup besar bagi rakyat Indonesia. Meski

belum ada pengumuman secara resmi dari pemerintah terkait hal ini, namun tampaknya masyarakat mulai ancang-ancang mempersiapkan segala sesuatunya guna menghadapi kondisi pelik tersebut, hal ini dapat kita lihat dari semakin banyaknya kita temui antrian panjang pemilik sepeda motor di beberapa SPBU di beberapa daerah di Indonesia. Tak hanya itu aksi demonstrasi oleh rakyat Indonesia dari berbagai kalangan yang menolak kenaikan BBM juga mulai tampak di berbagai daerah. Ini adalah wujud kekhawatiran rakyat Indonesia yang memang belum bisa secara penuh keluar dari jurang kemiskinan dan kelaparan.

Dampak yang ditimbulkan oleh isu kenaikan harga BBM ini ternyata tidak hanya berimbas pada sektor transportasi saja. Berbagai sektor seperti pangan pun ikut mendapat imbasnya. Di Kabupaten Karanganyar misalnya, para pedagang mulai menaikkan harga dagangan mereka setelah mendengar berita BBM akan naik dalam waktu dekat ini. Tak hanya sampai disitu, pengaruh isu kenaikan harga BBM ternyata mulai menjamah pada lembaga penerbitan buku di Indonesia. Kabar dari himpunan penerbit Indonesia yang menyatakan kemungkinan besar harga buku akan naik hingga mencapai 60% jika harga BBM benar-benar mengalami kenaikan.

Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika harga buku buku benar-benar mengalami kenaikan bahkan mencapai 60% lebih. Dapat dipastikan prosentase penjualan buku akan mengalami penurunan atau bisa dikatakan tak akan selaris hari-hari sebelumnya dimana harga buku berada pada standar harga. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penurunan prosentase penjualan ini. Diantaranya ketidakmampuan masyarakat untuk membeli buku-buku tersebut karena terlampau mahal, selain itu dari kondisi masyarakat Indonesia sendiri yang memang belum sadar betul akan pentingnya aktivitas membaca bagi kelangsungan hidup mereka, pun kemajuan bangsa Indonesia. Jika masyarakat saja belum sadar benar tentang pentingnya membaca, bagaimana mereka akan memiliki minat baca yang tinggi.

Nah sakarang coba kita cermati bersama-sama apa yang terjadi jika buku-buku yang diterbitkan oleh para penerbit, yang memiliki kualitas baik, tak banyak masyarakat Indonesia yang bisa membacanya, tentu buku tersebut tak dapat dimanfaatkan secara maksimal, bahkan bisa saja buku-buku tersebut akan berada dalam bungkus plastik dan menjadi pajangan selamanya, karena tak laku dijual. Hasilnya deretan kata- kata yang sejatinya mampu memberikan hal baru bagi masyarakat, tak ada daya untuk beraksi karena berada dalam cengkraman ekonomi.

Agak ironis memang, disaat pemerintah dengan gencarnya menyuarakan gerakan budaya membaca bagi seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali masyarakat bawahan secara bersamaan isu kenaikan harga buku pun mulai diangkat ke panggung sosial ekonomi. Dan ini berarti menambah lagi deretan masalah bangsa Indonesia terkait dengan kesejahteraan rakyatnya.

Bagaimana bangsa Indonesia bisa maju, jika masyarakatnya saja tak memiliki cukup pengetahuan untuk mengelola hidup mereka, pun bangsa mereka. Mau diarahkan kemana bangsa kita, jika kita saja tidak tahu bagaimana mengarahkannya. Dan tahukah saudara sebagian besar ilmu dan informasi tersebut ternyata ada pada rangkaian kata yang di jilid sedemikian rapi, dengan cover yang menarik dan memikat, yang ternyata kita mengenalnya sebagai buku.

Bagaimana rakyat Indonesia bisa cerdas, jika untuk membaca saja enggan, apalagi ditambah dengan kemungkinan sulitnya mendapatkan buku berkualitas, padahal dari bukulah, akan tecetak generasi-generasi intelektual yang mampu mengubah peradapan menjadi lebih maju. dari buku pulalah sesuatu yang tidak ada bisa menjadi ada.

Apakah bangsa Indonesia akan terus berjalan di tempat tanpa maju mesti hanya sejengkal langkah, atau bahkan malah semakin terpuruk?.

2 thoughts on “BBM NAIK:Harga Buku Naik?

  1. Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com/
    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com/bbm_naik_harga_buku_naik_

    >>terimakasih atas pujiannya, sebenarnya saya udah daftar dari dulu, tapi karena tidak tahu bagaimana mempostingnya, terpaksa gak jadi dech. afwan..

  2. iyah makanya… saya juga akan sangat sedih sekali ini kalau harga buku naik! skarang aja udah jarang bisa beli buku karena mahal…ntar tambah mahal…huhuhu buku milik sendiri? slamat tinggal😦 padahal pengen bikin taman bacaan :p

    tenang-tenang jangan nangis dong, malu di liat orang.itukan baru rencana, berdo’a aja mbak semoga tidak benar-benar naik. atau kalau memang benar-benar naik, beli bukunya pas ada pameran buku aja, dijamin lebih murah dan ada diskon besar-besaran.

    (sama dong, saya juga punya rencana tuk bikin perpustakaan pribadi yang orang lain bisa ikut baca, jadi dari sekarang dah mulai ngumpulin buku. moga cita-citanya tercapai. amin

    gimana? masih juga mau nangis. nanti kalau air matanya habis, bisa berabe lho..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s